Ridho Zulandra

Informasi dan berita tentang islam

Forum Kajian Islam

Forum untuk mendalami islam dan berdiskusi

Pellentesque vel est a risus

Vivamus urna lectus, sodales posuere gravida tincidunt, tempus vel sapien.

Aku Bukan Teroris

Perburuan teroris di tanah air tidak ada hentinya. Hingga sekarang Densus 88 anti teror, pasukan elit yang diciptakan khusus menangani kasus teror telah menembak mati beberapa gembong teroris.

Tapi teroris sepertinya masih banyak yang berkeliaran, aksi mereka pun tergolong berani. Bayangkan mereka berani menyusup sampai di Ibu Kota.

Dari beberapa alat bukti yang ditemukan di TKP, petunjuknya selalu mengarah ke kelompok Islam garis keras. Mulai dari tipikal teroris hingga atribut-atribut yang melekat selalu dikonotasikan sebagai kelompok Islam yang “memble”.

Ini juga sangat ditunjang dari latar belakang oknum yang diduga teroris, dimana berasal dari keluarga miskin pedesaan. Maka semakin lengkaplah pencitraan yang ingin dibentuk guna memojokkan agama Islam yang pada dasarnya tidak mengenal adanya garis keras apalagi memble.

Beberapa kali tokoh-tokoh Islam mencoba mengingatkan agar jangan selalu menonjolkan simbol-simbol agama dalam upaya pemberantasan terorisme. Karena Islam sendiri sangat menentang aksi-aksi kekerasan. Dimana-mana agama itu mengajarkan kebaikan dan kasih sayang. Kalau ada kelompok yang melakukan aksi kekerasan dengan mengatasnamakan Islam itu berarti salah besar.

Sebagai negara mayoritas beragama Islam, pelecehan seperti ini sungguh sangat tidak bisa diterima. Aksi penyergapan teroris telah menjadi ajang untuk “mempermalukan”agama tertentu. Dan bagi mereka yang selama ini selalu bertindak dengan mengatasnamakan Islam, walau apapun yang mereka lakukan, kebenaran tidak akan bisa ditutupi.

Adalah tugas kepolisian negara untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan hidup warga. Tetapi dalam implementasinya, tentu harus tetap mengedepankan norma-norma serta tata tertib. Bukti kuat terlibat atau tidaknya seseorang dalam aksi teroris bukan semata-mata bukti di lapangan tetapi harus juga dipertimbangkan fakta-fakta dalam persidangan kelak. Tetapi kalau setiap penyergapan hanya menghasilkan mayat-mayat yang diduga teroris, apa yang bisa kita lakukan? Masyarakat sendiri sudah terlanjur skeptis dengan tindakan kepolisian, yang selalu menyisakan pertanyaan besar, kenapa harus ditembak mati?

Sejauh ini yang muncul malah adanya dugaan pengalihan isu, dari kasus Bank Century hingga kasus Susno Duadji. Terlepas dari semuanya, kita seyogyanya memberi apresiasi terhadap kepolisian dalam upayanya memberantas teroris hingga ke akar-akarnya, tetapi tentu dengan catatan semua dilakukan dengan profesionalisme kerja serta murni demi penegakan supremasi hukum.

sumber : http://politik.kompasiana.com/2010/05/14/islam-bukan-teroris/

0 komentar:

Posting Komentar